Info : Harga Cetak Buku Tahunan Sekolah (Budgeting)

Standar

Salam buku tahunan..
Untuk kali ini kita akan membahas seputar budgeting atau penentuan harga cetak dari buku tahunan sekolah, ada beberapa poin penting yang mempengaruhi harga dari sebuah buku tahunan, antara lain : ukuran buku, proses cetak, jumlah halaman, jenis cover, sistem penjilidan buku, jenis kertas, dan tentunya quantity dari buku tahunan itu sendiri.

  • Ukuran Buku

Ukuran buku tahunan sekolah yang akan di buat tentunya akan sangat berpengaruh terhadap harga karena itu berhubungan dengan area cetak pada buku tahunan itu sendiri dan berpengaruh terhadap konsumsi kertas untuk keperluan buku tahunan. Ukuran buku tahunan yang sering dipakai antara lain A4, A5, Folio. Namun bukan tidak mungkin juga buku tahunan dibuat dengan ukuran custom seperti 21 x 25 cm, 25 x 28 cm dll, hal ini tergantung dari keperluan area untuk content buku tahunan dan nilai estetika dari sebuah buku tahunan itu sendiri.

  • Proses Cetak

Dalam hal ini proses cetak dapat dibagi pada dua kategori yaitu proses cetak full color atau proses cetak secara satu warna (bw). Poin ini sangat berpengaruh terhadap harga buku tahunan karena melihat dari jumlah plat cetak yang akan dipakai untuk mencetak buku tahunan. Perbandingan antara cetak secara full color dan BW adalah 1 : 4, yaitu perlu 4 buah plat untuk cetak full color dan hanya perlu 1 plat untuk mencetak secara bw. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap harga.

  • Jumlah Halaman

Untuk jumlah halaman pada buku tahunan sebaiknya disesuaikan dengan keperluan dan quantity dari buku tahunan itu sendiri sehingga tidak ada content dalam buku tahunan yang sia-sia, sesuaikanlah terhadap jumlah siswa dalam satu sekolah itu, pertimbangkan antara jumlah halaman yang diperlukan untuk per satu kelas, keperluan untuk content profile sekolah dan guru. Perhitungkan secara matang sehingga jumlah halaman untuk buku tahunan benar-benar terpakai secara efektif (tidak ada halaman yang terbuang dengan content yang sia-sia). Bila dilihat dalam pengaruh nya terhadap penentuan harga tentunya jumlah halaman pada buku tahunan sangatlah berpengaruh terhadap harga buku tahunan karena berhubungan dengan konsumsi kertas dan plat cetak yang terpakai.

  • Jenis Kertas dan Ketebalan

Jenis kertas yang dipakai secara umum untuk halaman isi pada buku tahunan sekolah antara lain art paper dan mate paper. Sedangkan untuk ketebalannya yaitu 150 gsm, namun beberapa buku tahunan memakai kertas yang lebih tebal seperti 190 gsm atau 210 gsm, dan mungkin juga akan terdapat kertas dengan ketebalan lebih tipis seperti 100 gsm dan 120 gsm. Hal ini tentunya disesuaikan dari budget yang tersedia untuk cetak buku tahunan itu sendiri.

  • Jenis Cover

Biasanya jenis cover untuk buku tahunan terbagi atas dua jenis yaitu hard cover dan soft cover walaupun ada beberapa jenis cover lain seperti leather cover, acrylic dll, untuk pengaruh terhadap harga, jenis cover cukup berpengaruh namun tidak sekuat pengaruh dari jumlah halaman, proses cetak, dan ukuran buku. Biasanya perbedaan harga antara buku tahunan dengan hard cover dan soft cover adalah sekitar Rp. 8.000 – Rp. 12.000 untuk per satu buku tahunan nya.

  • Sistem Penjilidan Buku

Sistem penjilidan pada buku tahunan dapat bermacam-macam antara lain single/double ring spiral, binding(lem panas), jahit + binding, dll. Pengaruh terhadap harga dari sistem penjilidan buku tahunan ini tidak significan, karena harga produksi dari beberapa sistem penjilidan di atas tidak terlalu berbeda jauh, hanya mungkin dalam proses pengerjaan biasanya sistem penjilidan jahit akan lebih lama di banding sistem penjilidan ring spiral dan binding untuk buku tahunan.

  • Quantity

Quantity atau jumlah banyaknya buku tahunan yang akan dibuat sangat berpengaruh sekali terhadap harga, karena biasanya dalam pengerjaan buku tahunan adalah memakai sistem offset (bukan printing digital) maka perhitungannya adalah semakin besar quantity maka harga satuan buku tahunan akan semakin murah dan begitupun sebalik nya.

Untuk mendapatkan harga budgeting secara cepat dan tepat silahkan dengan mengirimkan spesifikasi buku tahunan sekolah yang akan dicetak ke 08562259852, atau Permintaan Harga Buku Tahunan Dalam 10 Menit ! dan untuk contoh perhitungan harga buku tahunan dapat dibuka disini Buku Tahunan SMA Negeri 24 Bandung 2011 dan Buku Tahunan SMA Negeri 6 Cirebon 2011

Namun untuk informasi harga lebih tepat nya silahkan langsung menghubungi no ini 08562259852

Best Regards,

RK Creative Indonesia

About RK Creative

Buku tahunan sekolah - RK Creative (RKC) adalah sebuah perusahaan swasta yang didirikan pada tahun 2007. Tim saat ini (write : Agustus, 2015) terdiri dari 15 orang staff, termasuk tiga orang designer dan lima orang video & photographer, empat orang diantaranya juga bekerja sebagai bagian produksi / finishing. RKC adalah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dan penjilidan buku khususnya untuk buku tahunan sekolah dan tabloid / majalah. Kami menyediakan layanan manajemen cetak lengkap untuk klien kami, yang mencangkup layanan photography & design, layout pre-cetak, cetak, penjilidan, finishing dan packaging. RKC adalah rumah printing / cetak namun lebih dari sekedar jasa percetakaan. Klien RKC dalam pengerjaan buku tahunan sendiri sudah mencangkup beberapa kota antar pulau seluruh Indonesia. Produktivitas, disiplin dan ketepatan waktu merupakan komitmen Kami dalam bekerja. Salam hangat dari Bandung.